Cara oven Ubi Cilembu agar Maknyus

cara oven ubi cilembu

Cara oven Ubi Cilembu agar maknyus, Ubi Cilembu adalah jenis ubi yang unik karena berbeda sendiri dari jenisnnya  yaitu ubi manis. Walaupun tergolong ubi manis, Ubi Cilembu memiliki rasa manis yang hampir seperti madu bahkan teksturnya pun hampir seperti madu yaitu lembut. Tidak heran jika ubi Cilembu disebut sebagai ubi madu kalau begitu.

Rasanya bagaimana? Rasanya pun tergolong unik perpaduan antara rasa ubi-ubian dengan rasa manis madu tapi yang jelas rasanya maknyuss. Sebaiknya anda jangan percaya saya karena anda harus coba sendiri Atau anda akan menyesal.

Selain itu Ubi Cilembu juga memiliki banyak manfaat mulai dari pengganti nasi untuk diet dan penderita diabetes hingga mencegah jantungan. Tidak jika ubi cilembu banyak yang mencari dari dalam negeri hingga luar negeri menjadi aset prodak unggulan negeri.

Tapi sayangnya Ubi Cilembu juga memiliki kelemahan, Daya tahan ubi cilembu matang hanya sebentar sekitar 1 mingguan kecuali anda simpan dalam kulkas tapi jika begitu rasa ubi madu tidak terlalu maknyus lagi karena ubi cilembu yang maknyuss adalah saat baru dioven. Ketikan dibuka lumer deh cairan seperti madunya tinggal santap deh.. Ehmm ga usah ditanya rasanya..

Nah cara terbaik agar bisa menikmati ubi cilembu oven adalah tentu kita harus mengoven sendiri dari keaadan mentahnya. Ubi Cilembu mentah bisa bertahan 1 bulanan jadi kita punya cukup waktu sebulan jika ingin bisa menikmati ubi cilembu.

Permasalahannya cara mengoven cilembu kebanyakan kejadiannya terjadi kesalahan, Padahal sebenarnya cara mengoven ubi cilembu cukup mudah. Sebagai berikut,

  1. Carilah Ubi Cilembu mentah yang sudah dibersihkan, Ubi Cilembu ini bisa bertahan sekitar sebulan jadi anda tidak usah khawatir jika ingin makan ubi cilembu kapanpun dalam sebulan.
  2. Tapi jika ingin ubi cilembu mentahnya bisa lebih bertahan lebih lama lagi carilah ubi cilembu yang belum dibersihkan, Tanah yang masih menempel bisa berfungsi sebagai pengawet agar ubi mentah tidak cepat busuk dan layu tapi kelemahannya anda harus bekerja lagi dua kali.
  3. Setelah dibersihkan sebelum disimpan ubi Cilembu dijemur dulu lalu simpan minimal 2 minggu agar sedikit layu ubinya. Fungsinya agar cairan madu di ubinya bisa lebih mudah keluar.
  4. Jika anda tidak mau ribet anda tinggal bilang ke penjual ubi pesan yang siap oven. (simple)
  5.  Lalu segera siapkan ovennya tentunya, Dengan suhu sekitar 90-100% atau suhu normal
  6. Masukan ubi cilembunya, susun rapih jangan sampai menumpuk karena jika menumpuk matang ubi tidak akan merata
  7. Tunggu 10 menitan setelah itu bolak balik ubi agar matangnya bisa merata dan terkontrol. Lakukan hal ini setiap 1o menitan selanjutnya.
  8. Nah Ubi akan matang sekitar 2 jam-an. Tanda-tandanya cairan madu sudah mulai keluar.
  9. Nah segera santap, Karena saat masih hangat adalah saat yang paling nikmat.

Untuk perhatian, Ubi Cilembu rentan terhadap jamur, mengering, kehitaman, Jika terlihat tanda-tandanya segeralah oven agar tidak segera mubazir terbuang.

 

Share berbagi Manfaat

    Related Post

    bayuwidodoo

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *